Sabtu, 04 Februari 2012

BAGOL DAN KONTRAKANNYA


            “ Pokoknya kalo Abang ngak bisa bayar dalam bulan ini, saya minta Abang bikin surat segel, trus Abang tanda tangani surat pernyataan, bahwa saya sudah membeli rumah ini, biar deh ntar saya tambahin sedikit lagi.”  Kata-kata Toto siang tadi membuat Bagol pening berat.
 “ Mati rabit si Toto, utang gua kan cuma tiga puluh juta, masa mau dituker ama petakan gue,” Bagol menggerutu dalam hati. Dihisapnya sebatang Jie Sam Soe, mencoba meredakan kegelisahannya.
            Bagol heran sama para pengontrak rumah petakannya. Dulu waktu pertama mau ngontrak, mereka ngemis-ngemis minta dikasih tempat. Sekarang setelah kehidupan mereka meningkat, sikapnya mulai pada berubah. Mereka akan dengan senang hati memberikan pinjaman kepada Bagol, dengan harapan Bagol tidak mampu mengembalikan hutangnya, dan rumah petakan itu menjadi milik mereka. Pertama, ketika Babenya sakit dan meninggal, biaya rumah sakit dan pemakaman dipinjam dari si Anwar yang kini memiliki rumah petakannya di ujung gang. Akhirnya satu per satu setiap Bagol mendapat musibah, rumah petakan peninggalan orang tuanya terjual.
            Bagol masih merenungi nasib di teras  rumah warisan orang tuanya. Profesi sebagai Sopir Angkot tak mampu menutupi kebutuhan hidup. Untuk membayar PPB setiap tahun saja dia tidak mampu. Trayek Angkot kini penuh mobil-mobil baru, persaingan antara sopir membuat dia semakin terjepit. Belum lagi masalah kemacetan, semuanya menjadi begitu sulit. Kalau Cuma untuk makan dan kebutuhan sehari-hari itu pasti bisa dia dapatkan. Tapi kalau sudah musibah, Bagol hanya bisa pasrah. Utang sama si Toto itupun terjadi karena Nyaknya terkena Kanker rahim. Biaya berobat jalan, sampai terakhir masuk rumah sakit dan meninggal, semuanya menggunakan pinjaman dari si Toto.
            Kali pertama meminjamkan duit Toto selalu bilang “ Ngak usah di pikirin Bang, yang penting si Nyak bisa sehat.” Tapi setelah tiga bulan Nyak meninggal, si Toto mulai nagih kaya kolektor. Padahal dia tidak terlihat lagi butuh-butuh amat. Hasil dari kontrakannya yang lain sudah menjadi hak saudaranya. Sisa warisan yang menjadi milikinya hanya sebuah rumah besar bekas orang tua dan petakan yang lagi diincer si Toto.
            Sebagai anak laki satu-satunya, Bagol telah mengajak saudara-saudaranya untuk berembuk, tapi memang mereka juga menghadapi masalah yang sama. Kesulitan ekonomi.
            “ Bang…, Magrib! Kok malah bengong di teras begitu?” Tiba-tiba Minah istrinya keluar dari dalam rumah.
            “ Bentar Min.” Bagol menyeruput kopi hitam dan membuang sisa puntung Jie Sam Soe ke halaman rumah. Dia lalu masuk untuk melaksanakan sholat yang sejak dia akhil balik tak pernah ditinggalkannya.
            Anak Bagol ada tiga orang, semua perempuan. Yang paling tua kelas dua SMA, yang kedua kelas dua SMP, dan si bontot kelas lima di Madrasah Al Falah di bilangan Klender Jakarta Timur. Bagol baru saja menyelesaikan sholat Magrib di kamarnya, dia masih tafakur di atas sajadah. Tiba-tiba si bontot datang dan merebahkan kepalanya di pangkuan Bagol yang masih dalam zikirnya. Sejenak hilang kekhusuannya.
            “ Be, bentar lagi mau libur akhir tahun…, kata Ustad bayaran harus dobel kira-kira Babe punya duit ngak?”
            Lelaki tinggi besar itu mencium pipi anaknya, matanya berkaca-kaca. Tubuhnya yang tampak perkasa tidak mencerminkan hatinya yang sangat penuh kasih. Dia begitu menyayangi keluarga. Sikap Bagol  sangat santun kepada semua orang, bahkan pada para pengontrak yang kurang ajar itu.
            “ Ada sayang…, sabar ye, nanti Babe bayar sebelum elo libur sekolah.” Si bontot tersenyum, Bagol lalu memeluknya erat.
            “ Asallamuallaikum…..”
            “ Wallaikum Salam…” Bagol sekeluarga menyambut salam tersebut hampir bersamaan. Bagol bangkit dari tafakurnya, membuka pintu.
            “ Eh elu Ki apa kabar…?” Mereka lalu bersalaman dan duduk di teras. Istri bagol segera keluar dengan dua gelas kopi dan beberapa potong martabak.
            “ Begini gol, “ Juki membuka pembicaraan. “ Lu masih inget tanah Babe gue yang 20 hektar di Cikarang?”
            “ Iya kenapa?”
            “ Dulu sekitar 6 bulan yang lalu, lu kan pernah bawain pembeli, gue pikir karena udah lama dia kaga jadi beli.”
            “ Trus…?” Bagol tampak antusias.
            “ Tapi gak taunya sebulan yang lalu dia sudah menyelesaikan pembayarannya. Sori kalo gue kaga kabarin elo tentang proses transaksinye. Gue pikir elo udah sangat baik hati bawain Babe gue pembelinye.  Sekarang sebagai rasa terima kasih, nih cek dari Babe gue buat luh…”
            Bagol setengah gemetar melihat cek itu,  apa lagi saat melihat angka lima ratus juta rupiah yang tertulis sangat jelas. Ia lalu tertawa lepas, keras sekali, hingga jantungnya tak mampu lagi memompa darah ke seluruh tubuhnya. Esok paginya di tiang teras rumahnya terlihat bendera kuning bertuliskan “ Bagol bin Haji Jiih.”
*****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar