Sabtu, 25 Februari 2012

COMBONG DARI SI ENGKONG




“ Nih, gue kasi pinjem lu batu, awas jangan ampe ilang! Batu itu warisan dari engkong gue. Kalo lu udeh dapetin si Onah cepet balikin!”
“ Beres bos….”  Dengan wajah memancarkan cahaya kebahagiaan Ridon menanggapi sebuah batu akik dari tanganku. Dia lalu pamit bergegas meninggalkanku di teras rumah,  mengantar Markonah berangkat kerja pagi itu.
Aku bingung sama si Ridon, sudah dua minggu dia merengek terus buat pinjam batu akik itu. Dia sangat yakin akan khasiatnya. Padahal berkali-kali aku bilang, bahwa itu perbuatan syirik.
Batu akik combong itu diyakini Ridon memiliki daya pengasihan. Saat ini dia lagi kepayang sama si Markonah anak pak RT. Padahal menurutku si Markonah juga naksir sama dia,  si Ridon saja yang kurang pede.
Aku bukan pelit untuk meminjamkan akik itu, tapi lebih ke hati-hati. Akik itu warisan dari Engkongku langsung, tanpa perantara Babeku lagi. Sebelum beliau meninggal di rumah sakit, beliau menitipkan batu itu padaku.
“ Simpen nih batu…Babe lu mah kage bise diandelin buat ngerawat tuh batu, tulangnye tulang perempuan.”
“ Maksudnye Kong?”
“ Tulang Babe lu itu kage keras buat jadi lelaki beneran…”
“ Aye jadi tambah bingung nih Kong….”
“ Goblok amat sih lu! Babe lu tuh kage bise maen pukul maksudnye. Selaen kage berbakat, Babe lu  emang jenis tulang keturunan Nyai lu, tulang lembek. Nih lu liat tulang keturunan pendekar.” Dia lalu menunjukan lengannya yang keriput tapi masih terlihat kokoh.
“ Oh gitu Kong…”
“ Iye…nih lu samain ame lengen lu, miripkan?” Tanganku ditarik trus disandingkan dengan tangannya, aku hanya mengangguk-angguk, padahal bingung. Karena yang aku lihat tangan kami sangat berbeda.
“ Kalo orang jawa bilang, nih tulang kite tulangnye Gatot Kace. Yang punya tulang besi urat kawat, paham?”
“ Paham Kong.”
Besoknya Engkong meninggal, kasak-kusuk saat aku mengambil jenazah di rumah sakit, aku mendengar pasien yang bersebelahan dengan Engkong bercerita kepada kerabatnya yang datang menjenguk. Bahwa sebelum Engkong menyerahkan batu combong padaku, Engkong kaga mempan jarum suntik. Jarum suntik pada bengkok saat bersentuhan dengan kulit Engkong yang keriput.
Batu Combong dari Engkong itu, selain untuk kekebalan juga dipercaya sebagian orang tua di kampung  sebagai media pengasihan. Itulah mengapa Engkong sampai punya istri lebih dari lima orang.
Sebagai anak muda yang lahir di era komputer, aku sangat tidak percaya dengan semua itu. Apa lagi Babeku sangat melarang untuk aku percaya kepada selain Allah. Syirik katanya. Mungkin itu alasan dia tidak mau belajar maen pukul dan segala macam jenis ilmu kanuragan.
Aku belajar silat hanya sebatas media untuk berolah raga, walau kadang aku merasakan gerakan yang aneh dan ringan ketika mengenakan batu combong itu saat berlatih. Combong itu diikat dengan ring perak. Ukuranya tidak besar seperti batu-batu orang tua.  Combong Engkong berwarna hijau dengan lubang pas di tengah-tengah. Di jariku cincin combong itu terlihat sangat serasi.
Di kampus aku adalah lelaki yang mendapat tempat istimewa di hati para gadis. Bahkan seorang asisten dosen yang cantik, bertekuk lutut dan menjadi kekasihku sekarang. Tapi aku beranggapan bahwa aku memang rupawan, dan bukan karena batu combong pemberian Engkong (wah terlalu Pe de nih aku). Banyak kawan dan kerabat Engkong yang ingin memahari (istilah untuk transaksi benda-benda gaib) combong yang aku pegang ini. Sebagian dari mereka katanya pernah menyasikan keampuhan combong itu. Dan untuk generasi yang muda , mereka banyak mendengar cerita tentang Engkong  dari orang-orang tua di kampung.
Aku juga kadang tidak habis pikir. Kenapa batu combong itu banyak di cari orang. Bahkan ada yang berani memberikan sejumlah uang yang sangat menggeliurkan. Kalau bukan amanat menjelang kematiannya, pasti combong ini sudah kujual.

Minggu pagi…..
Aku lagi menikmati segelas kopi hitam di teras rumah. Nyakku dan Babeku sudah pergi sejak subuh tadi, mengunjungi kerabat yang hajatan di daerah Bogor Jawa Barat. Sudah seminggu Ridon meminjam Batu combong itu. Dari bisik-bisik  tetangga, katanya dia sudah jadian sama si Markonah anak pak RT. Artinya kompetisi anak muda lelaki yang ada di kampungku berakhir sudah. Ridon menjadi pemenang dan berhasil menggaet hati sang primadona. Tapi kenapa combong itu belum juga dikembalikan padaku?
Ridon adalah kawanku sejak kami kecil. Kalau diurutin dari dari orang tua, kami masih ada hubungan kekerabatan. Hubungan kami sangat akrab. Dialah teisen (temen akrab) dalam suka dan duka.
“ Assallamualaikum…” tiba-tiba Ridon muncul, tapi mukanya kelihatan ragu dan kikuk.
“ Waallaikumsallam..,, ade ape lu, muke lu kok macem sambel kebanyakan cuka? Gue dengar lu kan udeh jadian ame si Markonah nyang bahenol ntu.” Dia lalu duduk di samping meja sejajar dengan ku.
“ Bener bro, gue emang udeh jadian ame si Markonah, tapi…..” dia makin terlihat ragu.
“ Tapi kenape? Udeh ape lagi yang lu pikirin. Ajak Nyak & Babe lu ngelamar die.”
“ Bukan soal itu bro, nih soal batu cincin lo yang gue pinjem minggu kemaren.”
“ Ngapah Batu gue?” Aku mulai curiga.
“ Waktu gue tembak si markonah di bioskop, die emang langsung mao jadi pacar gue, tapi saat Markonah ngejawab ntu, batu combong lu ilang begitu aje.”
“ Muke gila lu, combong gue lu keja ilang?”
“ Bener bro, gue kaga bohong, tuh batu ngilang begitu aje.?
“ Mati rabit. Gak mungkin! Emang tuh Batu punye kaki? Jangan jangan lu jual ye?!!”
“ Kaga. Bener bro, gue kemari malah mau nanya, jangan jangan tuh batu pulang sendiri.”
“Ridon…Ridon, lah otak lu di mana sih? Mase batu bise pulang sendiri? Udeh gile kale luh ye! Luh kan tau, tuh batu mau di beli ame mandor Tolok lime puluh jute aje gak gue kasi. Eh elu seenaknye bila tuh batu ilang.” Aku marah besar.
“ Maafin gue bro, tapi bener deh…tuh batu emang bise ilang sendiri.”
“ Pokoknye sekarang gue gak mau tau, cepetan dah lu pulang, gue kasi waktu lu tiga hari, kalo tuh batu kaga lu balikin, lu tau deh adat gue pegimane.” Muka Ridon jadi pucat, dia tidak merani lagi menjawab. Ridon langsung pamit dan ke luar.
Aku menarik nafas panjang menahan emosi. Alasan si Ridon yang tidak logis itu yang membuat emosiku memuncak. Aku masuk ke kamar bermaksud mengambil bungkus Gudang Garam Filter di dalam laci tempat tidurku. Tapi, betapa terkejutnya aku, di samping sebungkus Gudang Garam Filter itu aku melihat akik combong dari Engkong. Aku tatap lebih jelas, memang benar itu adalah akik combong punyaku. Artinya….Aku harus telepon Ridon sekarang.


*********




Tidak ada komentar:

Posting Komentar