Minggu, 11 Maret 2012

ANTARE BENCI DAN CINTE


ANTARE BENCI DAN CINTE
Sudah hampir satu semestar Mirna sekelas sama si Jupri. Anak Betawi yang usil dan bangornya ngak ketulungan. Ada saja ulahnya yang bikin Mirna kesel. Dari mulai pinjam catatan yang ngak pernah dipulangin, sampai Laptopnya yang lecet karena puntung rokok.

Jupri memang muka tembok. Sudah ratusan kali Mirna menolak cintanya. Tapi dasar si Jupri, dia tetap saja mengirimi si Mirna dengan puisi-puisi cintanya, baik itu lewat Twitter ataupun Facebook.
Siang itu anak SOS 2 SMAN 70 sedang kosong. Pelajaran Bahasa Indonesia yang harusnya di isi oleh pak Buntoro malah dibuat ngobrol oleh semua siswa. Tidak ada guru pengganti. Tiba-tiba Jupri maju ke depan kelas sambil membawa selembar kertas. Dia kemudian membacakan puisinya dengan lantang dan jelas.

PUISI BUAT MIRNA
Siang ini…
Di kelas ramai yang kurasa sunyi
Tak ada senyum dari bibirmu
Tak ada binar di matamu

Adakah terselip cinta di hatimu
Untuk jiwaku yang selalu bergemuruh
Menanti setitik balasan
Atas nama rindu yang kutaburkan


Kelas jadi ramai. Ada yang bersuit-suit dan bertepuk tangan, semuanya memberi apresiasi terhadap puisi Jupri. Kecuali Mirna. Gadis cantik itu mukanya merah. Jupri lalu memberi kertas itu pada Mirna sebelum kembali ke tempat duduknya di sudut kelas sana.
Mirna menatap sebentar puisi itu, dia lalu meremasnya, berdiri dan berjalan ke arah tempat duduk Jupri.

“ Gak tau malu! Gile kale lu ye?!” Mata Mirna mulai berkaca, dia bicara begitu sambil melempar gumpalan kertas berisi puisi itu ke wajah Jupri.

“ Gue emang gile Mirna, tergile-gile ame elu!” Jawab Jupri santai, yang di sambut gemuruh tawa teman-teman sekelasnya. Tumpah juga akhirnya air mata si Mirna.
Jupri sebenarnya anak yang lumayan pinter, Puisi dan Cerpennya bukan hanya menghiasasi majalah dinding sekolah, tapi juga beberapa majalah remaja yang lagi ngetren. Kalau puisi atau cerpenya dimuat, dia langsung traktir temen-temen sekelasnya makan bakso di kantin sekolah. Tak terkecuali Mirna. Berhubung Mirna benci banget sama  tuh anak, Mirna selalu menolaknya.

“ Ayo dong sayang, kalo ntar udah jadi pacar abang, semue honor nulis buat elu dah.” Rayu Jupri saat mereka berjalan menuju kantin sekolah.

“ Ih, amit-amit. Siapa lagi yang mao jadi pacar lu, gue juge punye duit, kalo cume  buat traktir temen sekelas makan bakso sih.”

“ Tapi kan itu duit dari nyokap bokap lu, kalo gue kan dari hasil keringat gue sendiri, lagian Cerpen dan Puisi yang dimuat itu, sebagian terinspirasi dari hubungan kite.”

“ Kite..? Elo aje kale, gue ngak,” Jawab Mirna ketus.

Malam di rumah keluarga Mirna.
Kebencian Mirna sama si Jupri makin menjadi, bahkan dia sempet minta pindah sekolah sama Babenya.

“ Emangnye kenape sih Mir, lu pake minte pindeh sekole. Anggep aje ape nyang dilakuin  si Jupri itu sebagai pujian buat lu. Karena dengan die mengganggu lu, berarti lu tuh emang cakep. Lagian kayaknye tuh anak pinter juge, dan mukenye juge gak jelek-jelek amat.”

“ Pinter sih pinter Be, tapi kelakuannye itu yang bikin orang sebel.”

“ Lu jangan benci-benci amat ame lelaki, ntar kwalat lu. Liat noh Nyak lu. Dulu die benci banget ma Babe, eh sekarang dia bise jadi temen tidur Babe.”

“ Ih, Babe parno ah.” Malam itu Mirna banyak mendapat nasehat dari Nyak dan Babenya.
****

Pagi itu di kelas Mirna kelihatan galau. Dia tidak lagi focus pada pelajaran. Sudah seminggu ini Jupri berubah jadi sangat santun. Jangankan menggangunya, menegurnyapun Jupri tak pernah lagi. Tapi dengan sikap Jupri sekarang, Mirna jadi merasa ada yang hilang dari hatinya. Tiba-tiba dia kangen sama semua keusilan si Jupri.

Di sudut kantin pada jam istirahat sekolah, tampak Jupri makan bakso sendirian. Mirna segera datang menghampirinya.

“ Kenape lu! Lu marah ma gue?” Sambil tolak pinggang dan masih berdiri Mirna berkata begitu. Sesaat Jupri memandang wajah Mirna.

“ Bukannye lu benci ma gue? Maafin gue, kalo selama ini udeh bikin lu sebel, gue janji hal itu gak akan terjadi lagi.” Jupri lalu berdiri dan meninggalkan Mirna yang masih bengong. Dia ngak menyangka Jupri akan berkata begitu. Dia berharap dari mulut Jupri akan keluar kata-kata gombal seperti yang sudah-sudah.

Alamak kenapa semuanya jadi galau begini? Kenapa gue jadi mikirin si Jupri terus? Bisa rusak nih proses belajar gue di sekolah. Mirna terus bicara dalam hati.

Hari itu hari Selasa, sudah dua hari ini Jupri kaga masuk sekolah. Kata Amran dan si Yono Jupri sakit. Tangannya patah karena jatuh, saat dia membetulkan genteng rumahnya yang bocor. Kawan-kawan berencana untuk datang menjenguknya besok sepulang sekolah. Tapi Mirna sudah tak tahan lagi ingin ngeliat si Jupri. Dia pengen cepet-cepet bilang ke Jupri bahwa dia juga cinta sama tuh anak.

Siang itu sepulang sekolah Mirna langsung ke super market. Dia pesen sama Amran dan Yono bahwa dia akan jenguk Jupri sore ini. Dia malu kalo dateng besok bersama kawan-kawannya.
Jam lima sore Mirna sudah sampai di depan rumah Jupri.

“ Assallammualaiku…”

“ Wallaiku salam.” Jawab Jupri yang lagi duduk di depan teras rumahnya. Tangan kirinya tampak di gendong dan di balut perban.

Mirna lalu masuk dan langsung duduk di teras, dia mencoba untuk bersikap wajar.

“ Nih, ade sedikit makanan buat lu.” Mirna memberikan bungkusan yang baru saja di belinya di super market.”

“ Ah lu pake repot-repot segala, taro deh di meja, maaf tangan gue lagi sakit.” Mirna menaruh bungkusan itu di meja teras, di tengah tengah kursi yang didudukinya dan yang diduduki Jupri. Suasana jadi terlihat kaku. Keduanya tampak sangat canggung. Tapi Mirna segera memecah kebekuan itu.

“ Pri, sebenernya selama ini lu serius gak sih ame gue?” Wajah Mirna bersemu merah.

“ Maksud lu?” Jupri pura-pura bego.

“ Yang lu lakuan selama ini kegue, ape lu serius cinte ma gue? Abis belakangan ini gue juge  kayaknye  cinte ame lu.”

Jupri tertawa keras sekali, tak lama kemudian teman-temannya keluar dari dalam rumah. Rupanya semuanya sudah diatur. Perban yang membalut tangannya pun ternyata bohong belaka. Dengan embel-embel akan di traktir bakso, semua teman-temanya sepakat buat ngerjain si Mirna. Akhirnya Mirna jatuh juga ke pelukan Jupri sang penyair.

“ Kalo begitu, bener kate Babe gue, bahwa cinte dan benci, hanya di pisahkan oleh sehelai rambut.” Kata Mirna sambil mencubit mesra si Jupri.
*****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar