Sabtu, 10 Maret 2012

GARE-GARE PESBUK


GARE-GARE PESBUK
Pok Romlah lagi marah berat, piring-piring pada pecah dilemparin. Tak ketinggalan rak piringnya juga dia robohin. Dapurnya jadi berantakan.
“ Udeh Rom, kalo piring semue lu pecahin, besok kite mao makan pake ape? Pake daon?!”
“ Bodo!” Romlah terus mengamuk, sambil sesenggukan. Rayuan Bang Apud sudah ngak mempan lagi. Akhirnya dia capek sendiri, terus masuk ke kamar. Bang Apud segera mengikuti dari belakang.
Romlah duduk di pinggir dipan ( tempat tidur dari kayu) di kamarnya yang berukuran empat kali empat meter itu. Bang Apud juga duduk di sampingnya.
“ Udeh Rom ntu semue gak seperti yang lu kire, gue gak pernah selingkuh.” Bang Apud coba menerangkan sambil tangannya mencoba mengelus kepala istrinya. Tapi sayang setiap tangannya hendak sampai di kepala, Romlah pasti segera menepisnya.
“ Gak selingkuh pegimane? Udeh jelas tuh SMS bilang, dia mau karokean lagi ma abang. Berartikan die emang pernah pergi karokean kan ame abang?”
“ Gue cuma sekali ntu, lagi juge gue gak ngapa-ngapain,  cume nyanyi doang. Tadinye juge gue pikir kite bakalan dateng rame-rame, eh gak taunye gue cume bedua ma tuh cewek. Jadi sebenernye gue cume kejebak doang.”
“ Tapi  abang senengkan?”
“ Kagak, gue malah jadi deg-degan, takut dose, karene gue di privat room itu cume bedua.” Mendengar jawaban bang Apud, Romlah malah makin kenceng nangisnya.
***
Facebook. Semua memang gara-gara Facebook. Sejak bang Apud masuk sebuah Group Betawi di Facebook, dia jadi terlihat lebih sibuk. Komputernya online terus di group itu. Maklum, perusahaan kecil itu memang miliknya. Usahanya di bidang teknologi informasi lumayan lancar. Sebagai orang yang bergerak di bidang IT, Bang Apud sangat akrab dengan komputer. Awalnya Facebook dia pakai sebagai media promosi untuk barang dagangannya. Tapi setelah dia masuk ke group Betawi itu, niatnya jadi bertambah. Dia ingin membesarkan kaum Betawi, dan di group itu dia menemukan teman-teman yang sejalan dengannya. Paling tidak orang-orang Betawi yang ada di group itu punya intelektual yang lebih dari anak Betawi yang lain. Pasalnya, mereka rata-tara ngerti computer, paling tidak mereka mengerti menggunakannya walau cuma dengan handphone. Apa lagi saat Group Betawi itu mengadakan kopi darat, bang Apud makin bergairah. Ternyata anggota dari Group itu kebanyakan para seniman Betawi yang aktif melestarikan budaya Betawi. Ada yang punya Palang Pintu, Lenong, Gambang Kromong dan juga sanggar tari Betawi. Jadi tidak kaya ormas Betawi kebanyakan, yang isinya cuma buat jago-jagoan doang.
Teknologi memang selalu punya side effect. Begitu juga sama Facebook. Berdasarkan riset yang dilakukan di Amerika, sejak ada Facebook perselingkuhan meningkat. Itulah yang sedang terjadi dengan bang Apud. Saat kopi darat Group Betawi itu diadakan di Depok. Bang Apud kenalan sama si Elsa. Artis lenong yang suka tampil di TVRI. Walaupun belum beken, bangga juga bang Apud punya kenalan artis.
Rupanya si Elsa ada sedikit perhatian sama bang Apud. Biar udah agak tua, bang Apud itu lumayan ganteng. Mungkin begitu pikir si Elsa. Selesai acara, Elsa ngajak Bang Apud ke sebuah mall di bilangan Depok. Pikir bang Apud, mereka akan ke mall paling tidak ada empat atau lima motor. Sesampainya di mall ternyata Elsa cuma sendirian di motornya.
“ Nyang laennya pade kemana Sa?”
“ Ntar juge pade nyusul bang.”
Akhirnya mereka jalan-jalan di mall itu. Sampai di sebuah tempat karoeke tiba-tiba Elsa ngajak masuk. Rupanya Elsa sudah terbiasa masuk ke situ. Itu terlihat dari para pelayan dan karyawan tempat karokean yang sudah pada akrab dengannya. Sambil nunggu kawan yang lain, Elsa nawarain bang Apud untuk berkarokean. Lama dalam ruang karoke, tapi teman-teman gak datang juga. Akhirnya jam sewa ruang karokean itupun habis. Rupanya itu cuma akal-akalan si Elsa saja, agar dia bisa jalan berdua sama bang Apud.
Melihat gelagat yang gak sehat dari si Elsa, bang Apud lalu memblokir acountnya Elsa. Walau bagaimana dia tetap punya iman, dia masih sayang banget sama pok Romlah. Apa lagi denger dari selentingan kawan-kawan yang lain bahwa si Elsa itu sebenarnya sudah punya suami.
Rupanya si Elsa memang sudah kadung naksir sama bang Apud, dia jadi gelap mata. Face booknya di blokir eh SMSnya malah jadi meneror. Hampir tiap pagi dan sore SMS dari si Elsa masuk. Karena takut ketahuan pok Romlah tuh SMS selalu di hapus oleh bang Apud. Tapi kejadian pagi tadi benar-benar di luar dugaan bang Apud. Jam Sembilan pagi saat bang Apud mandi buat jalan ke kantor, tiba-tiba SMS masuk ke HPnya. Sudah jadi kebiasaan Romlah kalau ada telpon atau SMS masuk pasti dia angkat. Karena HP yang dipake bang Apud memang HP buat urusan kantor. Selain jadi bininya bang Apud, Pok romlah juga merangkap Tele Marketingnya bang Apud.
Abang marah ye ma Elsa? Mang Elsa salah ape sih? Abang kapan mo karokean lagi ma Elsa? Itulah SMS yang dibaca pok romlah. SMS itulah yang membuat semua piring di rumah bang Apud pada terbang.
****
Sore itu bang Apud sepulang dari kantor mampir ke sebuah mini market. Dibelinye dua batang Silverquin, sebongkah roti tawar, dan dua kaleng susu kental manis berwarna coklat. Tak lupa buat tiga orang putrinya dia membelikan es krim Magnum. Pikir bang Apud kalau sudah di beliin silverquin, roti tawar sama susu coklat kental manis, pok Romlah pasti bisa diajak berdamai.
Betul saja, sesampainya di rumah, selesai membagikan es krim Magnum pada tiga anaknya, saat bang Apud mulai membuka kantong kresek yang berisi silverquin, pok Romlah mulai mesem-mesem. Dia hapal banget sama sikap bang Apud yang satu ini. Benda-benda itulah yang diberikan bang Apud saat dia nembak pok Romlah lima belas tahun yang lalu. Sampai saat ini kalau ada perselisihan keduanya, benda itulah yang selalu dipakai bang Apud untuk berdamai dengan pok Romlah.
Jam sembilan malam bang Apud dan pok Romlah duduk di depan computer di rumahnya. Pok Romlah yang ngadepin tuh computer, dan bang Apud duduk di sampingnya sambil perhatiin apa yang dilakukan pok Romlah. Mereka sudah berdamai, dengan syarat bang Apud harus memberikan account dan password face booknya pada pok Romlah. Biar bisa dikontrol pikir pok Romlah. Sudah hampir tiga hari, sejak kejadian itu bang Apud tidak on line di internet. Baru sekitar satu menit pok romlah online dengan acountnya bang Apud, tiba chat list dilayar monitor bang Apud terbuka, sebuah pesan dari Nani si Imut “Apa kabar abangku sayang, kemana aja nih kok gak ol-ol, ampe kangen nih saya?” Pok Romlah langsung memalingkan wajahnya ke arah bang Apud dengan mata melotot. Bang Apud cuma bisa garuk-garuk kepala. Hanya dalam hati dia bicara “ Susahnye kalo jadi orang ganteng….”
******

Tidak ada komentar:

Posting Komentar