Minggu, 11 Maret 2012

KONG EMAN DAN CUCUNYE


KONG EMAN DAN CUCUNYE
Kong Eman terlihat di teras rumahnya. Dia lagi asik menikmati cerutu Colombia yang dikirim temannya langsung dari negeri asalnya. Segelas kopi susu dan kue pancong tergeletak di meja teras. Kong Eman terlihat sangat menikmati cerutunya. Kalau di Indonesia harga tuh cerutu satu batang bisa mencapai dua ratus lima puluh ribu rupiah. Kong Eman memang mantan seorang petinggi TNI. Kawan-kawannya banyak yang menjadi duta besar di negara-negara sahabat. Sebagai pensiunan bintang dua, seharusnya kong Eman tinggal di rumahnya yang ada di Menteng. Tapi Dari Muda kong Eman memang lebih suka tinggal di kampungnya di bilangan Jakarta Timur. Di Kampung itu juga dia tinggal bersama anak perempuan, menantu dan seorang cucu laki-lakinya. Istrinya sudah lima tahun meninggal. Semua orang di kampung itu mengenal Kong Eman sebagai pribadi yang baik, sederhana dan suka bermasyarakat. Dua orang anak lelaki kong Eman semuanya sudah menikah. Anak lelakinya yang pertama tinggal di Australia sebagai konsultan pertambangan. Dan anak lelakinya yang kedua membuka pabrik sepatu di daerah Karawang Bekasi. Rumahnya yang di Menteng itulah yang ditinggali anak keduanya. Potret kehidupan Kong Eman memang jauh dari cermin kehidupan kaum Betawi pada umumnya.
Lagi asik kong Eman memakan kue pancong yang ada di sampingnya, tiba-tiba cucunya datang langsung menenggak kopi susu miliknya.
“ Songong luh! Kopi susu belon gue minum udah maen tenggak aje!” di keplak kepala cucunya dengan songkok hitam dari kepalanya.
“ Lagian kopi susu cuman engkong liatin aje, sayang kong, mubazir.” Jawab Rosid cucunya yang baru berusia lima tahun.
“ Mubazir pale lu tengik, emang bader luh jadi anak, kage tau sopan santun.” Si Rosid yang dimarahin malah cuma cengengesan. Nggak lama muncul si Mary. Nyaknya si Rosid dari dalem rumah.
“ Ade ape sih Be?”
“ Tuh anak lu, kopi susu belon gue minum, udeh di tenggak abis ame die.”
“ Rosid gak boleh begitu. Itu songong namenye. Ntar deh beh, aye bikini  lagi kopi susunye.” Mary lalu menjewer kuping Rosid tapi tuh anak masih saja cengengesan.
“ Untung kite orang kaye ye Mar? Kalo kaga, abis dah harta kita ma tuh anak.”
“ Tau deh beh, aye juga bingung ame tuh anak, badernye ngapah kaga ketulungan begitu.”
Rosid. Cucu Kong Eman yang satu itu memang luar biasa badernya. Kata Dokter dia memang anak yang hyper aktif. Baru dua hari kemaren dia mecahin kaca rumah bu Tiur tetangga sebelah. Ada saja ulah yang dibuatnya. Dia juga pernah membuat dapur rumah kebakaran. Untung Tidak semuanya ludes. Cuma sebagian atap dapur dan temboknya. Walau perhatian lebih sudah di berikan buat si Rosid, tapi selalu saja ada yang lolos dari pantauan. Minggu yang lalu Mobil peninggalan dinas Kong Eman yang jadi sasaran. Mobil Jeep yang terparkir di garasi itu tiba-tiba mundur sendiri, menabrak garasi. Dan untungnya mesinnya langsung mati. Hingga tidak membuat kerusakan yang lebih parah. Rupanya Rosid berhasil mengambil kunci kontak yang tersimpan di dalam kamar Kong Eman.
Beberapa Baby Siter yang pernah menangani Rosid semuanya mengundurkan diri. Ngak ada yang sanggup ngatasin kelakuan tuh anak.
Kalau bukan karena Kong Eman mantan tentara dan di segani di lingkungan, mungkin Rosid dan keluarganya sudah di usir dari kampung. Tak terhitung anak-anak yang seumuran dengannya yang kepalanya bocor karena berkelahi sama si Rosid. Ada yang palanya di sambit batu, ada yang jidatnya bocor di ketok kayu. Tapi semua biaya pengobatan dan santunan selalu di keluarkan oleh keluarga Kong Eman.
****
Sore itu Kong Eman, Mary, Rosid dan seorang sopirnya turun dari Mobil. Mereka baru saja pulang dari daerah Jawa Barat. Kong Eman dan Mary habis konsultasi sama orang pinter yang katanya bisa merubah kelakuan Rosid. Buat Kong Eman dan Mary biaya bukan hal yang sulit, yang penting si Rosid bisa bener, kagak lagi bikin repot keluarga.
Dalam beberapa hari belakangan ini sikap Rosid memang berubah. Dia tidak lagi seagresif sebelumnya. Sore itu. Kong Eman, Mary dan si Rosid terlihat duduk bercengkrama di teras rumah. Mary sedang menyuapi Rosid. Rosid tampak lahap memakan makanan dari Nyaknya.
“ Wah cucu Ngkong sekarang pinter makannye.”
“ Iye dong Kong…biar cepet gede.” Jawab Rosid Spontan.
“ Emang kalo udah gede Rosid pengen jadi apaan?” Tanya Mary.
“ Jadi Dokter, biar bisa suntik Engkong.” Rosid menjawab itu mungkin karena sering melihat Kong Eman menyuntikan Insulin di tangannya. Kong Eman memang sudah lima tahun belakangan ini terkena Diabetes. Hampir setiap pagi dan sore Kong Eman menggunakan jarum suntik.
Melihat perkembangan yang terjadi terhadap diri si Rosid, Kong Eman dan Mary sangat bersyukur.
Waktu Magrib telah tiba. Kong Eman baru saja menyuntikan Insulin ke tubuhnya. Dia segera mengambil wudlu untuk melaksanakan sholat magrib di kamarnya.  Begitu juga dengan Mary, dia segera ke belakang.
Tiba-tiba dari kamar Kong Eman menjerit keras sekali, Mary kaget dan segera melihat Babenya di kamar. Rupanya saat Kong Eman tengah melakukan sujud, si Rosid yang punya cita-cita buat jadi Dokter langsung menusukan jarum suntik ke pantat Kong Eman. Kong Eman lupa, telah menaruh jarum suntik sembarangan. Sambil mengerang menahan sakit, Kong Eman berkata. “Rosid…. Rosid. Setan mane lagi yang ngerasukin elo…?”
****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar